Pentingnya Wawasan dalam Perspektif Global

Pentingnya Wawasan dalam Perspektif Global

Cara untuk meningkatkan dan memperluas wawasan dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan carayang paling efektif adalah melelui pendidikan.

Menurut Makagiansar (mimbar pendidikan, 1989) agar kita dapat meningkatkan wawasan global, maka pendidikan memegang peranan penting. Memelui pendidikan maka anda harus mampu mengembangkan 4 hal seperti berikut.

  1. Kemampuan mengantisipasi (anticipate)
  2. Mengerti dan mengatasi situasi (cope)
  3. Mengakomodasi (accomodate)
  4. Mereoriantasi (reorient)

Nilai budaya yang merupakan identitas budaya harus kita pertahankan. Tetapi ada nilai yang perlu diubah atau disesuaikan dengan perkembangan. Pendidikan harus membuka wawasan anak didik dan mengembangkan nilai-nilai yang perlu dipertahankan. Sesuai dengan derasnya arus globalisasi, maka peran keluarga juag sangat besar.

Globalisasi dengan melalui berbagai media elektronik maupun cetak akan berpacu dengan para orang tua dalam membesarkan anak. Ini tentu harus kita waspadai.

Untuk mewaspadai hal tersebut perlu dilakukan hal-hal seperti berikut.

  1. Untuk mewaspadai gejala seperti hal di atas adalah kita harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menguasai informasi dalam berbagai bidang, dan mengolah dan memahami pesan-pesan yang ada dalam informasi tersebut, kemudian menarik kesimpulan dan menyeleksinya untuk digunakan dalam kehidupan.
  3. Memanfaatkan pertemuan ilmiah, seperti seminar, diskusi dan sebagianya untuk memahami informasi tersebut.

Dewasa ini tidak ada nilai-nilai suatu bangsa yang benar-benar homogen dan statis. Setiap bangsa berkembang berkat interaksi dengan bangsa lain. Kita hrus terbuka kepada dunia luar, tetapi harus tetap kokoh berakar pada nilai budaya kita.

Kecenderungan bidang lainya yang ikut dalam arus gelombang globalisasi adalah pendidikan. Masalah pokok yang dihadapi dalam pendidikan adalah “identitas bangsa”.

Walaupun ada globalisasi kita harus mampu memperhankan identitas. Hakikat globalisasi tidak melebur identitas yang ada. Dalam hal ini, peran pendidikan sangat besar. Pendidikan harus berorentasi ke depan dan membuka wawasan global. Unuk mempertahankan identitas nasional, kita memiliki Pancasila dan UUD 45. Menurut UUD 45, budaya nasional berkar dan berkembang dari budaya daerah. Kebijakan pemerintah juga memberikan peluang bagi perkembangan budaya daerah.

Dampak globalisasi terhadap pendidikan berkenaan dengan bagaimana peranan pendidikan dalam kerangka globalisasi.

Kita bisa memanfaatkan gelombang globalisasi untuk mendorong proses pembangunan nasional. Oleh karena itu, kuasailah ilmu pengetahuan dan teknologi. Tugas pendidikan adalah memberiakan landasan yang kuat sejak SD, termasuk mutunya.

Aapn kondisi ynag mencetuskan konsep-konsep inovasi yang  dapat meningkatkan wawasan  tentang masalah global dan globalisasi, seperti berikut :

  1. Di dalam era globalisasi kita berada di dalam suatu masyarakat berada dalam kondisi untuk menghasilkan sesuatu yang terbaik dan berkualitas.
  2. Masyarakat dalam era globalisasi menuntuk kualitas yang tinggi baik di dalam jasa, barang, maupun investasi modal. Kualitas di atas kuantitas.
  3. Era globalisai merupakan era informasi dengan sarana-sarananya yang dikenal sebagia superhighway. Oleh sebab itu, pemanfaatan informasi superhighway merupakan suatu kebutuhan masyarakat modern dan denga demikian perlu dikuasai anggota masyarakat.
  4. Era globalisasi merupakan era komunikasi yang sangat cepat dan canggih. Oleh karena itu, penguasaan terhadap saran komunikasi seperti bahasa merupakan syarat mutlak.
  5. Era globalisasi ditantai oleh maraknya kehidupan bisnis, oleh karena itu, kemampuan bisnis, manager, merupakan tuntunan masyarakat masa depan.
  6. Era globalisasi merupakan era teknologi, oleh karena itu, masyarakatnya harus melek digital.
About these ads
  1. sip..skrg udh zaman globalisasi, masyarakat hrs melek teknologi jg, biar g ketinggalan zaman..
    (http://tric06.student.ipb.ac.id)

  2. tentu…, yang penting dapat menempatkan diri.terimakasih komentarnya.salam kenal

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.