Kerangka Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Kerangka Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Dalam rangka pelaksanaan kehidupan nasional Indonesia telah memiliki seperangkat sarana yang digunakan sebagai acuan yaitu pancasila sebagai falsafah , ideologi dan dasar negara , UUD 1945 sebagai hukum dasar , wawasan nusantara sebagai wawasan nasional , ketahanan nasional sebagai konsepsi yang merupakan prasyarat untuk mencapai cita-cita dn tujuan nasional .

  1. Pancasila sebagai Falsafah , Ideologi dan Dasar Negara RI

    Bangsa Indonesia dalam hidup bernegara telah memiliki suatu pandangan hidup bersama yang bersumber pada akar budaya dan nilai-nilai religiusnya yang terkristalisasi dalam Pancasila .

    Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia terkandung didalamnya konsepsi dasar mengenai kehidupan bangsa Indonesia yang dicita-citakan , terkandung dasar pikiran terdalam dan gagasan mengenai wujud kehidupan yang di anggap baik .Dengan pandangan hidup yang diyakininya , maka bangsa Indonesia memiliki pegangan dan pedoman bagaimana menghadapi dan memecahkan berbagai masalah polotik , ekonomi , sosial budaya , hankam dan persoalan lain dalam gerak masyarakat yang semakin maju .

    Pancasila tidak hanya sebagai pandangan hidup bangsa , tetapi juga sebagai dasar negara RI .Pancasila juga merupakan sumber dari segala sumber hukum yaitu sumber kaidah hukum negara yang konstitusional mengatur negara RI beserta seluruh unsur-unsurnya yaitu rakyat , wilayah , serta pemerintah negara .

    Pancasila sebagai dasar negara merupakan suatu asas kerohanian yang meliputi sauasana kebatinan atau cita-cita hukum , sehingga merupakan suatu sumber nilai , norma dan kaidah moral maupun hukum negara , dan menguasai hukum dasar baik yang tertulis (undang-undang dasar) maupun yang tidak tertulis (konvensi) .Dalam kedudukannya sebagai dasar negara , Pancasila mempunyai kekuatn mengikat secara hukum .

    Pancasila sebagai falsafah , ideologi bangsa dan dasar negara mempunyai kekuatan hukum yang mengikat bagi setiap warganegara Indonesia , para penyelenggara negara , lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan .

  2. UUD 1945 sebagai Landasan Konstitusional

    Undang-Undang dasar 1945 adalah hukum dasar yang tertulis . Sebagai hukum , maka UUD 1945 bersifat mengikat bagi pemerintah , lembaga negara , lembaga masyarakat , setiap warga negara Indonesia . Sebagai hukum , UUD 1945 berisi norma-norma , aturan –aturan atau ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan dan ditaati .

    Undang-undang dasar bukanlah hukum biasa .Sebagai hukum dasar ,Undang-Undang dasar itu sendiri merupakan sumber hukum .Setiap produk hukum seperti undang-undang itu sendiri merupakan sumber hukum .

    Dalam alinea keempat pembukaan UUD 1945 dengan jelas menyatakan bahwa Pancasila merupakan dasar negara RI .Dengan demikian bahwa pancasila adalah inti dari pembukaan UUD 1945 sehingga merupakan sumber dari segala sumber hukum .

  3. Wawasan Nusantara sebagai Wawasan Nasional

    Wawasan Nusantara sebagai wawasan nasional Indonesia merupakan cara pandang bangsa indonesia untuk menyamakan persepsi , visi dan motivasi dalam rangka menjaminpersatuan dan kesatuan serta kepentingan nasional dalam rangka pencapaian cita-cita nasional Indonesia yang merdeka , bersatu ,berdaulat , adil dan makmur .

    Masyarakat pancasila adalah masyarakat yang mempunyai ciri-ciri berdasar pasal-pasal dalam pancasila .Sikap itulah yang dituangkan dalam undang-undang dasar pada tahun 1945 , yang selanjutnya menjadi landasan hukum perjuangan bangsa indonesia dalam usahanya untuk memperoleh tempat yang wajar dimuka Bumi serta menjadi seperangkat nilai yang dijadikan dasar , serta memberikan arah dan tujuan didalam melangsungkan hidup dan kehidupan serta negara Indonesia

  4. Ketahanan Nasional sebagai Pendekatan Konsepsional

    Ketahanan Nasional adalah kondisi dinamik bangsa , meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional , dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan , ancaman , hambatan dan gangguan .

    Katahanan nasional sebagai suatu kondisi kehidupan nasional harus di wujudkan .Suatu kondisi kehidupan yang perlu dibina secara dini , terus menerus dan sinergik , bermodalkan keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemempuan mengembangkan kekuatan nasional .

    Didalam pengelolaan aspek-aspek kehidupan nasional itu harus diperhatikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai landasan idiil , UUD 1945 sebagai landasan konstitusional dan wawasan Nusantara sebagai landasan geopolitikanya .

About these ads
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.