Bangunan PGSD Unnes Terancam Galian C

Bangunan PGSD Unnes Terancam Galian C

NGALIYAN- Universitas Negeri Semarang (Unnes) memprotes pekerjaan galian C yang dilakukan di belakang kampus Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unnes, Wonosari, Ngaliyan.

Sebab, galian yang diduga liar itu mengakibatkan kerusakan lingkungan dan membuat sembilan unit bangunan PGSD Unnes terancam longsor.  Bahkan salah satu pagar bangunan asrama mahasiswa PGSD sudah ada yang menggantung di sisi tebing bekas galian yang memiliki ketinggian sekitar 90 meter.

Ketua Jurusan PGSD Unnes Ngaliyan, Zainal Abidin, Kamis (4/3) mengatakan, melihat kerusakan lingkungan yang parah, Unnes harus berpikir seribu kali untuk melanjutkan pembangunan salah satu gedung kuliah berlantai tiga lantaran letak bangunan berada dekat tebing bekas galian.

’’Sebelum dampak kerusakan galian ini cukup parah, kami sudah pernah melayangkan surat kepada Wali Kota Semarang dua kali pada 2000 perihal permohonan penanggulangan tanah longsor,’’ kata Zainal.

Namun begitu, hingga terjadi longsoran sampai ke batas tanah Unnes pada 13 Februari 2010, belum juga ada upaya Pemkot Semarang untuk melakukan penertiban maupun antisipasi kerusakan lingkungan yang disebabkan adanya galian C di belakang kampus tersebut.

Jarak 6 Meter

Kepala TU Unnes, Sadimin menambahkan, beberapa bangunan yang terancam longsor rata-rata berada pada jarak 6 meter dari bibir tebing memiliki ketinggian antara 40 meter – 90 meter. Bagunan itu meliputi asrama mahasiswa (3 blok), gedung kuliah, PKM, kantin (2), dan gudang (2).

’’Kami sebenarnya mau membangun gedung kuliah baru berlantai tiga. Namun karena letaknya dekat dengan bibir tebing, kami harus berpikir ulang kembali melanjutkan pembangunannya,’’ kata Sadimin didampingi Humas Unnes, Cipto Hadi Purnomo.

Dari pantauan Unnes, setelah longsor pada 13 Pebruari lalu, di tebing belakang PGSD kembali terjadi longsoran baru pada 23 Pebruari. Dimana longsoran tersebut semakin lebar dan di beberapa titik terjadi retakan-retakan tanah. (J12-56)

( Sumber : Suara Merdeka, 05 Maret 2010 )

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: